share

Yuk Bunda, Coba Buat Sendiri Aneka Sayur Santan Khas Indonesia Berikut Ini

Yuk Bunda Coba Buat Sendiri Aneka Sayur Santan Khas Indonesia Berikut Ini - main.jpg
Makanan yang berkuah memang selalu menjadi teman nasi yang pas dan membuat selera makan menjadi lebih berbeda dari biasanya yang hanya kuah bening. Yuk, Bunda mari buat sendiri aneka sayur santan khas Indonesia ini:

1. Empal Gentong
Empal Gentong khas Cirebon ini merupakan salah satu variasi masakan Soto yang menggunakan campuran daging sapi, babat, limpa sapi dan jeroan sapi yang lain sebagai isi utamanya. Tentu saja, seperti resep tongseng dan resep lainnya, empal gentong cirebon juga cocok sekali disantap bersama nasi putih yang hangat atau lontong. Biasanya krupuk dan sambal cabai kering juga dipakai untuk menambah citarasanya.

Bahan utama yang harus disiapkan adalah 250 gram daging sapi. Pilih bagian utamanya atau bagian bawah ketiak atau biasanya disebut sebagai daging sandung lamur, jeroan sapi (limpa dan hati sapi), santan kelapa kental, daun salam, lengkuas, jahe, serai, cengkih, kayu manis, bawang putih, kunyit, bawang merah, ketumbar, jinten, kemiri, kunyit, kapulaga, gula pasir, daun kucai, garam, minyak goreng, dan air.

Mulai membuatnya dengan memotong daging sapi sesuai selera. Jangan terlalu kecil dan juga jangan terlalu besar supaya daging benar-benar empuk. Untuk hasil sempurna, usahakan jangan cuci dagingnya. Rebus daging sapi lemurnya dengan air kurang lebih 1100 ml sampai daging empuk, jika memakai jeroan, jeroan sapi juga direbus tetapi tempatnya beda. Setelah daging sapinya nanti empuk, ambil kuah kaldunya kurang lebih sebanyak 900-1000 ml.

Sambil menunggu daging empuk, Bunda bisa menyiapkan bumbunya. Haluskan bawang putih, kapulaga, kemiri, kunyit bawang merah dan ketumbarnya. Tumis bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan di atas dengan minyak sedikit sampai harum. Tambahkan gula pasir, garam dan jinten. Aduk kembali sampai tercampur rata. Memarkan serai, lengkuas dan jahenya. Masukkan ke dalam bumbu bumbu tadi sambil tetap diaduk. Masukkan kayu manis, cengkeh, daun salam dan garam. Kemudian masukkan santan kentalnya dan dagingnya. Aduk kembali sampai rata dan santan mendidih. Setelah itu masukkan kaldu daging yang sudah disisihkan di atas. Aduk aduk kembali sampai mendidih dan daging benar benar empuk dan rasanya sudah sesuai selera Bunda.

2. Laksa Betawi
Laksa atau atau kari laksa pertama kali menjadi hidangan masyarakat Peranakan yang terdiri dari mie, perkedel ikan, kerang, udang, dan tauge cincang yang berpadu dengan kuah santan pedas pada satu wadah. Kenikmatan akan bertambah saat diberi tambahan sambal cabai sebanyak satu sendok dan lengkap dengan otak-otak ikan.

Laksa menjadi makanan etnis Tionghoa atau kaum Peranakan yang bermukim di Semenanjung Inggris. Laksa juga populer di Singapura dan Malaysia. Seperti kebanyakan resep lain, laksa mendapat sentuhan ajaib yang menjadikan resepnya bervariasi, bahkan ada yang mengklaim sebagai laksa (nama daerah). Yuk, Bunda coba buat sendiri di rumah laksa betawinya dengan resep berikut ini:
Bahan-bahan yang dibutuhkan, santan kelapa cair, ayam dipotong jadi empat bagian, serai, daun salam, daun jeruk. Bumbu-bumbu yang harus dihaluskan, bawang merah, bawang putih, ketumbar, jahe, kunyit, lengkuas, cabai merah, kemiri, gula jawa, garam. Sebagai bahan pelengkapnya, Bunda bisa siapkan, bihun, telur rebus, daun kemangi, bawang goreng, jeruk nipis.

Saatnya memasak Laksa, pertama-tama, Bunda siapkan semua bumbu, lalu tumis semua bumbu dengan tiga sendok makan minyak sayur hingga harum, tuang santan cair perlahan, masak sampai mendidih. Selanjutnya, masukkan ayam hingga matang baru diangkat. Tuangkan santan kental ke dalam santai mendidih tadi sembari diaduk hingga mendidih.
Bunda bisa menyajikannya dengan menyiapkan mangkok, masukkan bihun ke dalamnya, suwir daging ayam, telur, dan daun kemangi. Kemudian tuang kuah laksa, tambahkan penyedap berupa bawang goreng. Sajikan dengan ditemani irisan jeruk nipis. Sebetulnya, laksa betawi menggunakan ketupat namun kembali lagi kepada selera Bunda dan keluarga.

3. Sayur Lodeh Khas Sunda
Sayur santan ini sudah tidak asing lagi ya, Bunda, sayur lodeh selalu bisa jadi pelengkap makan nasi dan lauk ikan, ayam, atau daging. Masih belum bisa membuat sayur lodeh di rumah sendiri? Inilah resep sayur lodeh khas sunda.

Bahan-bahanya adalah buah labu siam ukuran besar, potong dadu, terong ungu, potong dadu, jagung manis, kacang panjang, potong-potong daun buah melinjo sesuai selera, santan, air, garam, gula merah, tomat, penyedap, dan buat juga bumbu halusnya yang terdiri dari, kemiri, lengkuas, gula merah, terasi, bawang merah, dan bawang putih.

Lanjut ke pembuatannya, panaskan sedikit minyak lalu tumis bumbu halus hingga wangi, angkat dan sisihkan. Didihkan air, masukkan potongan sayuran yang sudah dibersihkan. Masukkan tumisan bumbu lalu tambahkan garam, penyedap, gula merah, tomat dan santan. Aduk dan masak hingga mendidih kembali dan matang, angkat, dan sayur lodeh siap disantap.

Artikel Lainnya

Buat Opor Ayam Kampung Di Rumah, Yuk! Buat Opor Ayam Kampung Di Rumah, Yuk!

Buat Opor Ayam Kampung Di Rumah, Yuk!

Opor ayam kampung memang jadi menu andalan dan istimewa untuk dinikmati...

Lihat di Sini
Oh...Ternyata Ini Perbedaan Ayam Kampung dan Ayam Negeri Oh...Ternyata Ini Perbedaan Ayam Kampung dan Ayam Negeri

Oh...Ternyata Ini Perbedaan Ayam Kampung dan Ayam Negeri

Bunda masih saja bingung membedakan ayam kampung dan ayam negeri? Mungkin...

Lihat di Sini
Bumbu Penyedap Indofood Ayam Kampung Bumbu Penyedap Indofood Ayam Kampung

Bumbu Penyedap Indofood Ayam Kampung

Baru! Bumbu Penyedap Ayam Kampung Indofood, bumbu penyedap pertama yang...

Lihat di Sini
© Citarasaindonesia.co.id, All Rights Reserved.