share

Tips Menyiapkan Sahur Bernutrisi

tips_menyiapkan_sahur_bernutrisi_main.jpg

Bulan Ramadan telah tiba, ingin tetap sehat dan lancar menjalankan puasa? Apa yang Anda konsumsi tentunya juga perlu dipertimbangkan, apalagi waktu sahur tengah malam membuat Anda terbatas untuk berkreasi dalam menyiapkan makanan.

Anda dan keluarga yang menjalankan ibadah puasa membutuhkan makanan yang bergizi dan makanan yang menyediakan energi yang tahan lama terutama saat sahur untuk membuat tubuh tetap kuat, terhidrasi dan tak mudah pingsan maupun sakit. Nah, bagaimana cara mempersiapkan sahur yang bernutrisi? Berikut ini tips yang bisa Anda coba di rumah.

Siapkan menu lengkap selama bulan puasa

Karena keterbatasan waktu saat menyiapkan sahur, buatlah daftar menu lengkap makan sahur Anda dengan masakan yang mudah dibuat tapi tetap menjaga kebutuhan gizi. Dengan merancang menu makanan, Anda tidak perlu bingung lagi ketika berbelanja dan saat waktu sahur tiba. Begitu pula ketika Anda berbelanja, daftar menu memudahkan Anda untuk memilih bahan makanan apa saja yang perlu Anda beli. Amannya, buatlah daftar belanja berdasarkan daftar menu yang Anda buat, sehingga anda terhindar dari membeli bahan makanan yang tidak diperlukan.

Pilih menu masakan praktis

Waktu sahur yang singkat membutuhkan trik memasak yang praktis dan efisien. Anda tentu tidak bisa menyiapkan santap sayur dengan membuat makanan berkuah santan yang membutuhkan waktu lama. Pilih masakan praktis seperti tumis sayuran, cah sayuran, ayam goreng, atau sup yang hangat. Tetap perhatikan kebutuhan gizi seimbang untuk seluruh anggota keluarga ketika memilih menu masakan yang praktis.

Makanlah dengan diet yang seimbang

Cukupi asupan makanan Anda dengan tidak banyak berbeda dari pola makan yang telah dijalankan. Artinya, menu sayur harus berisi makanan dari semua kelompok makanan utama seperti: buah dan sayuran; roti, sereal dan kentang; daging, ikan, atau alternatif; susu dan produk susu serta makanan yang mengandung lemak dan gula.

Karbohidrat kompleks adalah makanan yang membantu melepaskan energi secara perlahan selama berjam-jam puasa. Mereka ditemukan dalam makanan seperti barley, gandum, oat, kacang-kacangan dan beras. Makanan yang kaya serat juga dicerna perlahan, seperti sereal, gandum, biji-bijian, kentang dengan kulit, sayuran dan hampir semua buah, sehingga Anda akan merasa kenyang selama menjalankan puasa.

Minum banyak air

Kendala utama berpuasa adalah dehidrasi. Mungkin orang lebih bisa tahan lapar dibandingkan dengan tahan haus. Oleh karena itu, Anda harus banyak memasukkan cairan ke dalam tubuh saat sahur tiba. Jika tidak bisa minum air putih dalam jumlah banyak, gantilah asupan cairan dengan jus buah, atau menyediakan makanan yang berkuah. Semua ini bertujuan untuk memasukkan lebih banyak air ke dalam tubuh.

Sebaiknya saat sahur hindari minuman berbahan kafein seperti teh, kopi dan cola. Kafein adalah diuretik dan merangsang kehilangan air lebih cepat melalui buang air kecil. Selamat menunaikan ibadah puasa!

Artikel Lainnya

Buat Opor Ayam Kampung Di Rumah, Yuk! Buat Opor Ayam Kampung Di Rumah, Yuk!

Buat Opor Ayam Kampung Di Rumah, Yuk!

Opor ayam kampung memang jadi menu andalan dan istimewa untuk dinikmati...

Lihat di Sini
Oh...Ternyata Ini Perbedaan Ayam Kampung dan Ayam Negeri Oh...Ternyata Ini Perbedaan Ayam Kampung dan Ayam Negeri

Oh...Ternyata Ini Perbedaan Ayam Kampung dan Ayam Negeri

Bunda masih saja bingung membedakan ayam kampung dan ayam negeri? Mungkin...

Lihat di Sini
Yuk, Cari Tahu Kandungan Gizi Dalam Ayam Kampung Yuk, Cari Tahu Kandungan Gizi Dalam Ayam Kampung

Yuk, Cari Tahu Kandungan Gizi Dalam Ayam Kampung

Bunda dan keluarga penyuka makanan berbahan utama ayam? Banyak yang lebih...

Lihat di Sini
© Citarasaindonesia.co.id, All Rights Reserved.