share

Setelah Dimasak, 4 Sayuran Ini Lebih Sehat Dikonsumsi

shutterstock_233983450_main.jpg
Selama ini Bunda pasti sering mendengar bahwa sayuran atau makanan mentah ialah yang paling baik untuk tubuh.

Ada juga yang menyebutkan kalau jenis sayuran atau buah-buahan tertentu baik dikonsumsi dalam keadaan belum dimasak supaya kandungan vitamin dan mineralnya tetap terjaga tidak hilang begitu saja karena proses direbus atau dimasak.

Eits, tapi Bunda, ternyata masih ada jenis sayuran tertentu yang sebaiknya dimasak terlebih dahulu dan justru lebih sehat untuk dikonsumsi setelah dimasak.

Lalu sayuran apa ya yang seharusnya Bunda masak terlebih dahulu agar sayuran lebih sehat dikonsumsi?

1. Bayam
Bayam merupakan sayuran berdaun hijau yang mengandung kalsium, besi, dan magnesium. Untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, Bunda harus memasak sayuran ini sebelum mengonsumsinya, dengan begitu jumlah kandungan kalsium dalam bayam akan meningkat tiga kali lipat. Namun, jangan sampai terjadi over cooked ya, Bunda, karena itu tidak baik untuk dikonsumsi.

2. Wortel
Wortel mentah itu tidak mudah dicerna. Bunda akan lebih mudah mencerna wortel setelah dimasak. Bunda pun bisa mendapat manfaat maksimal beta-karoten, antioksidan yang diubah menjadi vitamin A dan baik untuk kesehatan mata Bunda dan keluarga.

3. Tomat
Pertimbangkanlah jika Bunda ingin memakan langsung tomat, baiknya dimasak dahulu sebelum mengonsumsinya atau memberikan ke buah hati tercinta. Sebab di dalam tomat ada likopen (senyawa karotenoid yang terdapat pada sayuran dan buah-buahan berwarna merah) itu sebabnya tomat menjadi sumber makanan terkaya akan likopen dan akan meningkat hingga 30% setelah melalui proses pemanasan atau dimasak. Likopen tersebut bisa membantu melawan sel-sel kanker.

4. Jamur
Agar lebih mudah dicerna dan memastikannya aman dikonsumsi, Anda perlu memasak jamur. Zat-zat beracun yang mungkin ada dalam jamur bisa dihilangkan dengan memasaknya lebih dulu sebelum dimakan. Akan tetapi, jangan sampai terjadi over cooked ya, Bunda, karena itu tidak baik untuk dikonsumsi.
Jamur itu memiliki struktur yang kuat (alot) sehingga sulit dicerna dan harus dimasak sebelum Bunda dan keluarga memakannya.
 

Artikel Lainnya

Buat Opor Ayam Kampung Di Rumah, Yuk! Buat Opor Ayam Kampung Di Rumah, Yuk!

Buat Opor Ayam Kampung Di Rumah, Yuk!

Opor ayam kampung memang jadi menu andalan dan istimewa untuk dinikmati...

Lihat di Sini
Oh...Ternyata Ini Perbedaan Ayam Kampung dan Ayam Negeri Oh...Ternyata Ini Perbedaan Ayam Kampung dan Ayam Negeri

Oh...Ternyata Ini Perbedaan Ayam Kampung dan Ayam Negeri

Bunda masih saja bingung membedakan ayam kampung dan ayam negeri? Mungkin...

Lihat di Sini
Bumbu Penyedap Indofood Ayam Kampung Bumbu Penyedap Indofood Ayam Kampung

Bumbu Penyedap Indofood Ayam Kampung

Baru! Bumbu Penyedap Ayam Kampung Indofood, bumbu penyedap pertama yang...

Lihat di Sini
© Citarasaindonesia.co.id, All Rights Reserved.