share

Sering Mengantuk Saat Puasa? Atasi Dengan 6 Cara Ini

sering_mengantuk_saat_puasa_atasi_dengan_6_cara_ini_main.jpg

Rasa kantuk sering dialami orang yang sedang berpuasa. Energi yang terkumpul saat sahur, berangsur-anggur berkurang seiring dengan aktivitas yang dijalani. Bahkan di bulan Ramadan, tidur saja dianggap bagian dari ibadah. Tapi lain soal jika terjadi saat jam kerja, keseringan mengantuk akan menyebabkan banyak masalah. Untuk menghilangkan rasa kantuk saat puasa terutama di siang hari, lakukan 6 aktivitas berikut ini :

1. Jalan-jalan

Berjalan-jalan akan bisa meningkatkan sirkulasi darah ke otak dan membuat saluran pernapasan lebih longgar. Aktivitas ini akan menyingkirkan rasa kantuk dan rasa malas yang menempel pada tubuh Bunda. Berjalan sebentar tak akan menguras energi Bunda. Untuk itu cobalah untuk berjalan-jalan di luar ruangan selama beberapa menit dan rasakan manfaatnya.

2. Cuci Muka

Tubuh membutuhkan stimulus lain dari luar agar bisa 'terbangun', salah satunya ya dengan mencuci muka. Ketika wajah sudah mulai terasa kaku, mata berat, dan mengantuk, lekas pergi ke kamar mandi dan cuci muka. Tak hanya menghilangkan rasa kantuk, cuci muka juga akan memperbaiki penampilan Bunda supaya terlihat lebih segar.

3. Meditasi

Meditasi akan membantu melancarkan sirkulasi oksigen ke otak dan seluruh tubuh. Tak hanya dilakukan dengan menutup mata, meditasi yang bertujuan membuat badan lebih rileks bisa dilakukan dengan latihan pernafasan atau mendengarkan musik yang membuat Bunda menjadi lebih terjaga.

4. Lakukan Hal yang Disukai dan Menghibur

Jika hobi bermain game, tak ada salahnya beristirahat sejenak dengan bermain game di ponsel atau di komputer untuk menghilangkan rasa kantuk. Bunda juga bisa melihat video-video yang lucu, mencari resep, dan belanja online, untuk menghilangkan rasa kantuk.

5. Tidur Singkat

Kalau sudah terasa mengantuk, tidur sejenak adalah solusi tepat. Namun ini bukan sekedar tidur pada umumnya yang malah membuat semakin malas-malasan. Tidur siang singkat yang sering dikenal dengan 'power nap', ialah tidur yang dilakukan hanya dalam beberapa menit. Untuk melakukan 'power nap' ini, kepala harus disangga oleh sesuatu, seperti punggung kursi atau bantal.

6. Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi

Selama menjalankan ibadah puasa penuhi kebutuhan akan zat besi. Pastikan untuk mengonsumsi buah dan sayur yang kaya vitamin C untuk memacu efektivitas penyerapan zat besi oleh tubuh. Konsumsi pula karbohidrat kompleks saat sahur, seperti nasi merah, oatmeal, roti gandum, ubi, jagung, atau singkong. Karena karbohidrat kompleks lebih lambat dipecah menjadi gula darah sehingga sangat membantu metabolisme energi tubuh dan tidak membuat cepat lemas atau pun mengantuk. 

Artikel Lainnya

Buat Opor Ayam Kampung Di Rumah, Yuk! Buat Opor Ayam Kampung Di Rumah, Yuk!

Buat Opor Ayam Kampung Di Rumah, Yuk!

Opor ayam kampung memang jadi menu andalan dan istimewa untuk dinikmati...

Lihat di Sini
Oh...Ternyata Ini Perbedaan Ayam Kampung dan Ayam Negeri Oh...Ternyata Ini Perbedaan Ayam Kampung dan Ayam Negeri

Oh...Ternyata Ini Perbedaan Ayam Kampung dan Ayam Negeri

Bunda masih saja bingung membedakan ayam kampung dan ayam negeri? Mungkin...

Lihat di Sini
Yuk, Cari Tahu Kandungan Gizi Dalam Ayam Kampung Yuk, Cari Tahu Kandungan Gizi Dalam Ayam Kampung

Yuk, Cari Tahu Kandungan Gizi Dalam Ayam Kampung

Bunda dan keluarga penyuka makanan berbahan utama ayam? Banyak yang lebih...

Lihat di Sini
© Citarasaindonesia.co.id, All Rights Reserved.