share

Lakukan Ini Agar Tetap Aman dan Sehat Saat Menikmati Daging Kurban

Artikel 5_main.jpg
Idul Adha memang menjadi waktunya untuk berpesta daging bersama keluarga. Dan tentunya, beragam masakan bisa diolah menjadi makanan yang lezat.

Bunda tentunya khawatir jika mengonsumsi daging secara berlebihan bisa menimbulkan masalah kesehatan seperti asam urat, kolesterol, hipertensi (tekanan darah tinggi) hingga jantung.

Oleh karena itu, agar terhindar dari masalah kesehatan sebaiknya Bunda dan keluarga lakukan beberapa hal berikut ini agar tetap aman dan sehat menyantap masakan dari daging kurban:

1. Kombinasikan masakan daging kurban dengan sayur
Untuk mengurangi efek samping dari konsumsi daging berlebihan, sebaiknya Bunda sudah tahu terlebih dahulu cara memasak daging sapi. Salah satu caranya ialah dengan memilih daging sapi sehat kemudian imbangi dengan buah dan sayuran. Beberapa jenis sayuran seperti kubis, tomat, mentimun, wortel, dan kemangi bisa menjadi pilihan yang terbaik. 

Buah-buahan juga bisa mengimbangi jumlah kalori yang masuk sehingga bisa mengimbangi kadar kolesterol.
 
2. Makan Daging selambat-lambatnya 2 jam sebelum tidur
Menurut Dr. Arif Syam, Sp.Pd, pengamat kesehatan dan juga staf pengajar Ilmu penyakit dalam Fakultas Universitas Indonesia menjelaskan, untuk menghindari masalah kesehatan saat mengonsumsi daging qurban sebaiknya jangan dikonsumsi saat Anda ingin tidur.
 
Pilihlah waktu yang tepat, selambat-lambatnya 2 jam sebelum tidur. Dan jangan mengonsumsi lemak lainnya seperti cokelat atau keju bersamaan dengan daging kambing atau sapi.
 
3. Makan dalam porsi kecil dan tidak berlebihan
Mengonsumsi makanan apapun sebaiknya jangan berlebihan. Apalagi bagi seseorang yang menderita beberapa penyakit seperti hipertensi, kolesterol (dislipidemia), kadar asam urat tinggi, dan diabetes.

Jika mengonsumsi daging kambing maupun sapi berlebihan dalam waktu singkat dapat memperburuk kondisi sakit yang tengah dideritanya.
 
4. Perbanyak minum air putih dan pilih minuman hangat
Minuman hangat bisa menjadi pilihan yang terbaik. Jangan memilih minuman berkalori tinggi seperti teh manis, atau sirup usai menyantap daging kambing atau sapi.
 
Sebaiknya minumlah jus jeruk hangat, karena bisa membantu membersihkan kerongkongan. Jangan lupa untuk minum air putih yang cukup banyak 8-10 gelas sehari untuk mencegah sembelit.
 
Setelah Bunda mengetahui cara memasak daging sapi atau daging qurban itu artinya Bunda sudah siap berpesta daging bersama keluarga Bunda dengan aman dan sehat.

Artikel Lainnya

Buat Opor Ayam Kampung Di Rumah, Yuk! Buat Opor Ayam Kampung Di Rumah, Yuk!

Buat Opor Ayam Kampung Di Rumah, Yuk!

Opor ayam kampung memang jadi menu andalan dan istimewa untuk dinikmati...

Lihat di Sini
Oh...Ternyata Ini Perbedaan Ayam Kampung dan Ayam Negeri Oh...Ternyata Ini Perbedaan Ayam Kampung dan Ayam Negeri

Oh...Ternyata Ini Perbedaan Ayam Kampung dan Ayam Negeri

Bunda masih saja bingung membedakan ayam kampung dan ayam negeri? Mungkin...

Lihat di Sini
Yuk, Cari Tahu Kandungan Gizi Dalam Ayam Kampung Yuk, Cari Tahu Kandungan Gizi Dalam Ayam Kampung

Yuk, Cari Tahu Kandungan Gizi Dalam Ayam Kampung

Bunda dan keluarga penyuka makanan berbahan utama ayam? Banyak yang lebih...

Lihat di Sini
© Citarasaindonesia.co.id, All Rights Reserved.