share

Coba Kreasikan Telur Jadi 4 Menu Makanan, Yuk!

shutterstock_413481283_main.jpg
Telur memberikan nutrisi yang baik bagi tubuh Bunda dan keluarga untuk dapat beraktifitas seharian, karena telur memiliki kandungan protein yang tinggi. Tak heran, anak-anak pun senang mengonsumsi telur sebagai menu sarapan setiap pagi. Jika Bunda dan keluarga senang mengonsumsi telur, jangan hanya membuat telur mata sapi saja, yuk, coba kreasikan telur jadi 4 menu makanan ini:

1. Omelette
Sajian makanan ini merupakan olahan telur yang paling sempurna. Bunda bisa memilih campuran dari telur sesuai dengan selera Bunda dan keluarga. Jika menyukai sayuran seperti wortel atau buncis, bisa langsung ditambahkan pada telur. Begitu juga jika menyukai daging sapi, daging ayam, sosis atau protein lainnya. Tidak ada salahnya untuk mencampurkan keduanya, sayuran dan daging, pastinya ini akan membuat omelette lebih terasa lezat dan bergizi.

2. Oseng Telur
Oseng telur merupakan sajian makanan berbahan dasar telur yang paling mudah dibuat setelah telur ceplok. Bunda hanya perlu mencampurkan putih dan kuning telur, kemudian menumisnya. Meski sajian telur ini terkesan berantakan, sederhana, seperti biasa saja namun rasanya tetap luar biasa.
Satu hal yang harus Bunda perhatikan ketika memasak oseng telur ialah jangan menggunakan api kompor terlalu besar, karena bagian luar telur bisa hangus dan pada bagian dalamnya belum cukup masak. Bunda cukup gunakan api kecil saja karena telur biasanya akan matang dengan cepat.

3. Telur Balado
Untuk menu yang satu ini Bunda harus olah dengan bumbu balado yang pedas agar rasa gurih telur akan semakin kuat. Akan tetapi Bunda juga perlu berhati-hati jika menghidangkan menu ini untuk si buah hati. Rasa pedas yang ditimbulkan dari cabai bisa-bisa membuatnya jadi kepedasan.
Trik yang bisa Bunda lakukan supaya buah hati tetap bisa mengonsumsi telur balado ini ialah dengan menghilangkan cabai rawit, ganti cabai merah keriting dengan cabai merah besar lalu buang bijinya. Bunda juga bisa menambahkan sedikit lebih banyak tomat. Dengan begitu penampilan hidangan telur balado yang Bunda sajikan akan tetap akan merah, bisa mengundang selera makan anak dan menjadi tidak terlalu pedas.

4. Tumis Telur Asparagus
Asparagus merupakan sumber yang baik untuk vitamin B6, kalsium, magnesium dan seng, dan sumber yang sangat baik serat, protein, vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, asam folat, fosfor, dan kalium.

Maka dari itu coba sekali-kali kreasikan sayuran ini dengan telur hingga menjadi sebuah menu makanan yaitu tumis telur asparagus.

Cara membuat menu tersebut juga sangat mudah, Bunda hanya perlu menumis dengan memasukkan telur kemudian asparagus secara bersamaan. Warna yang akan dihasilkan dari sajian ini nantinya akan menjadi sangat fresh dan menarik. Untuk variasi warna dan rasa, Bunda bisa memasak sajian ini setengah matang.

Untuk mengatasi kebosanan, dibutuhkan sedikit kreatifitas Bunda dalam memasak. Bunda dapat mengkombinasikan telur dengan bahan makanan lainnya atau memasaknya dengan cara yang tidak biasa.

Selamat berkreasi Bunda!
 

Artikel Lainnya

Buat Opor Ayam Kampung Di Rumah, Yuk! Buat Opor Ayam Kampung Di Rumah, Yuk!

Buat Opor Ayam Kampung Di Rumah, Yuk!

Opor ayam kampung memang jadi menu andalan dan istimewa untuk dinikmati...

Lihat di Sini
Oh...Ternyata Ini Perbedaan Ayam Kampung dan Ayam Negeri Oh...Ternyata Ini Perbedaan Ayam Kampung dan Ayam Negeri

Oh...Ternyata Ini Perbedaan Ayam Kampung dan Ayam Negeri

Bunda masih saja bingung membedakan ayam kampung dan ayam negeri? Mungkin...

Lihat di Sini
Yuk, Cari Tahu Kandungan Gizi Dalam Ayam Kampung Yuk, Cari Tahu Kandungan Gizi Dalam Ayam Kampung

Yuk, Cari Tahu Kandungan Gizi Dalam Ayam Kampung

Bunda dan keluarga penyuka makanan berbahan utama ayam? Banyak yang lebih...

Lihat di Sini
© Citarasaindonesia.co.id, All Rights Reserved.