share

Cara Menghilangkan Bau Daging Kambing

artikel 1_landscape.jpg
Perayaan Idul Adha sebentar lagi, Bunda tentu sudah bersiap untuk bisa mengolah daging kambing kurban yang akan diterima. Namun, tak jarang daging kambing yang sudah diolah tetap memiliki bau prengus yang khas, sehingga Bunda harus tahu cara menghilangkan bau daging kambing.

Lantas, bagaimana caranya agar bau khas daging kambing tak lagi tercium saat disantap? Padahal, daging kambing sangat lezat disantap dalam bentuk sate maupun kudapan lainnya.

Bunda bisa melakukan langkah sederhana berikut sebagai cara menghilangkan bau daging kambing:
1.    Jangan dicuci
Jika selama ini Bunda terbiasa mencuci daging kambing dengan guyuran air, sebaiknya tidak dilakukan. Tahukah Bunda jika proses pencucian justru akan membuat bau khas kambing semakin kuat.

2.    Balurkan jeruk nipis
Perasan air jeruk nipis bisa menjadi cara menghilangkan bau daging kambing yang ampuh. Lumuri perasan air jeruk nipis atau jeruk limau terlebih dahulu, pada daging kambing yang akan dimasak. Kemudian diamkan selama 30 menit hingga 1 jam, agar bau kambing hilang. Air jeruk nipis juga dapat membunuh bakteri pada daging.

3.    Balurkan parutan buah nanas
Langkah yang satu ini bisa Bunda lakukan sebagai cara menghilangkan bau daging kambing. Sebaiknya setelah daging dipotong dadu rendam dalam air parutan nanas selama 5 menit. Supaya hasil maksimal, pilihlah nanas yang muda.

Rendaman ini bukan saja menghilangkan bau tak sedap dari kambing, tapi juga membuat daging jadi lebih empuk. Namun, Bunda, jangan terlalu lama direndam karena bisa bikin daging lembek.

4.    Rebus dengan rempah-rempah
Sebaiknya rebus daging kambing dengan campuran rempah-rempah yang beraroma kuat, seperti bawang putih, kapulaga, cengkeh, daun serai, daun jeruk, jahe, serai, dan kemangi.    

5.    Buang lemak dan air rebusan
Lemak yang menempel pada daging kambing bisa menjadi sumber bau. Oleh karena itu, pisahkan lemak dan dagingnya. Pastikan tak ada sedikitpun lemak menempel pada daging sehingga meski disimpan lama, daging tak akan bau.

Usai daging kambing direbus, buanglah air bekas rebusannya. Karena air rebusan tersebut menyimpan bau khas kambing.

Bagaimana Bunda? Mudah bukan?  Tak ada lagi kata bau kambing pada masakan dan selamat menikmati hidangan-hidangan dari daging kambing.

Artikel Lainnya

Buat Opor Ayam Kampung Di Rumah, Yuk! Buat Opor Ayam Kampung Di Rumah, Yuk!

Buat Opor Ayam Kampung Di Rumah, Yuk!

Opor ayam kampung memang jadi menu andalan dan istimewa untuk dinikmati...

Lihat di Sini
Oh...Ternyata Ini Perbedaan Ayam Kampung dan Ayam Negeri Oh...Ternyata Ini Perbedaan Ayam Kampung dan Ayam Negeri

Oh...Ternyata Ini Perbedaan Ayam Kampung dan Ayam Negeri

Bunda masih saja bingung membedakan ayam kampung dan ayam negeri? Mungkin...

Lihat di Sini
Bumbu Penyedap Indofood Ayam Kampung Bumbu Penyedap Indofood Ayam Kampung

Bumbu Penyedap Indofood Ayam Kampung

Baru! Bumbu Penyedap Ayam Kampung Indofood, bumbu penyedap pertama yang...

Lihat di Sini
© Citarasaindonesia.co.id, All Rights Reserved.