share

5 Menu Khas Sunda Ini Cocok Untuk Dinikmati Bersama Saat Kumpul Keluarga

4 Menu Khas Sunda ini Cocok Untuk Dinikmati Bersama Saat Kumpul Keluarga - main.jpg
Berkumpul bersama keluarga tak lengkap jika tak menikmati makanan. Apakah Bunda dan keluarga termasuk penyuka makanan khas Sunda? Nah, 4 menu khas Sunda ini cocok untuk dinikmati bersama keluarga:
 
1. Pepes Jamur
Selain ditumis, jamur merang juga akan sangat nikmat apabila diolah dengan cara dipepes. Nah, apabila Bunda bosan dengan olahan jamur merang yang itu-itu saja, maka tidak ada salahnya apabila sekarang ini Bunda mencoba membuat pepes jamur merang di rumah sebagai menu makan. Aroma daun pisang yang khas dari pepes yang dihasilkan akan menggugah selera makan siapa saja. Rasanya yang enak akan membuat Bunda dan seluruh keluarga menjadi ketagihan.
 
2. Lotek
Lotek hampir sama dengan Gado-gado, yakni makanan berupa rebusan sayuran segar yang disiram dressing berupa sambal dicampur bumbu kacang. Keunikannya, sebagai bahan sambal di samping kacang seringkali ditambahkan tempe dan dalam bumbunya ditambahkan terasi, gula merah, dan bawang putih.
 
3. Nasi Liwet
Nasi liwet adalah nasi gurih (dimasak dengan kelapa) mirip nasi uduk, yang disajikan dengan sayur labu siam, suwiran ayam (daging ayam dipotong kecil-kecil) dan areh (semacam bubur gurih dari kelapa).
 
Nasi liwet merupakan makanan khas Solo. Penduduk kota Solo biasa memakan nasi liwet setiap waktu mulai dari untuk sarapan, sampai makan malam. Nasi liwet biasa dijajakan keliling dengan bakul bambu oleh ibu-ibu yang menggendongnya tiap pagi atau dijual di warung lesehan (tanpa kursi).
 
4. Pesmol Ikan
Pesmol adalah masakan Indonesia, yang terbuat dari ikan. Ikannya dilumuri dengan bumbu yang berbahan utama kuning kunyit. Pesmol ikan sering dijumpai di daerah Sunda Jawa Barat. Pesmol memiliki rasa yang gurih, asam, pedas, manis, dan warna yang menggugah selera makan.
 
5. Daging Gepuk
Gepuk merupakan makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari daging sapi, terasa sedikit manis dan gurih. Biasanya gepuk dibuat dengan daging sapi yang diiris searah dengan serat daging dan direbus setengah matang, kemudian dipukul-pukul hingga agak empuk.
 
Jadi, Bunda dan keluarga lebih suka menu khas Sunda yang mana?
 

Artikel Lainnya

Buat Opor Ayam Kampung Di Rumah, Yuk! Buat Opor Ayam Kampung Di Rumah, Yuk!

Buat Opor Ayam Kampung Di Rumah, Yuk!

Opor ayam kampung memang jadi menu andalan dan istimewa untuk dinikmati...

Lihat di Sini
Oh...Ternyata Ini Perbedaan Ayam Kampung dan Ayam Negeri Oh...Ternyata Ini Perbedaan Ayam Kampung dan Ayam Negeri

Oh...Ternyata Ini Perbedaan Ayam Kampung dan Ayam Negeri

Bunda masih saja bingung membedakan ayam kampung dan ayam negeri? Mungkin...

Lihat di Sini
Bumbu Penyedap Indofood Ayam Kampung Bumbu Penyedap Indofood Ayam Kampung

Bumbu Penyedap Indofood Ayam Kampung

Baru! Bumbu Penyedap Ayam Kampung Indofood, bumbu penyedap pertama yang...

Lihat di Sini
© Citarasaindonesia.co.id, All Rights Reserved.