share

4 Hidangan Sayur Kuah Bening Ini Menyehatkan

4 Hidangan Sayur Kuah Bening Ini Menyehatkan - main.jpg
Menghidangkan menu sayuran sebagai menu pendamping nasi dan lauk pauk, tentu sudah tidak asing lagi. Keempat sayuran ini selalu menjadi andalan untuk dimasak karena mudah, praktis, dan memiliki khasiat yang menyehatkan. Berikut ini mengapa keempat sayuran ini bisa menyehatkan Bunda dan keluarga:

1. Sayur Bayam
Tahukah Bunda jika mengonsumsi sayuran hijau seperti bayam dapat mencegah kepikunan di kemudian hari? Memang semua sayuran itu mengandung nutrisi dan nilai gizi yang baik bagi tubuh kita. Tapi bayam dapat meregenerasi otak 11 tahun lebih muda sehingga jadi tidak mudah pikun.

Peneliti dari Rush University di Chicago, AS, melakukan evaluasi 950 orang tua setiap tahun selama satu dekade. Sebanyak 19 tes diberi ke seluruh peserta yang rata-rata berumur 81 tahun. Tes ini guna melihat fungsi dari makanan dan minuman di dalam diet sehari-hari untuk kesehatan mental seseorang.

Tidak hanya itu zat besi dalam bayam pun sangat baik untuk menambah energi dan juga membantu melancarkan metabolisme dalam tubuh. Manfaat bayam untuk tubuh sangatlah banyak, dari mulai panca indera sampai manfaat untuk organ dalam tubuh. Bayam baik untuk diet, menjaga kelembapan kulit, ibu hamil, bayi, dan menurunkan tekanan darah tinggi.

2. Sayur Daun Katuk
Jika mendengar sayur daun katuk seringnya yang terlintas ialah sayur untuk ibu hamil dan menyusui saja, betul sekali sayur katuk memang ampuh memperlancar ASI karena ada kandungan berbagai senyawa minyak esensial di antaranya saponin, tanin, flavonoid, triterpenoid, dan asam amino. Bukan hanya itu saja, dengan Bunda mengonsumsi dan menghidangkan sayur daun katuk untuk keluarga, berarti Bunda dan keluarga bisa mendapatkan manfaat dari sayur daun katuk seperti, terhindar dari pengeroposan tulang (osteoporosis), menjaga stamina, dan dapat mengatasi gejala penyakit flu juga yang anemia karena di dalam katuk itu ada kandungan  efedrin yang sangat baik bagi penderita influenza dan kandungan zat besi yang cukup tinggi.

3. Sayur Oyong
Oyong merupakan sayur yang rendah kalori. Dalam 100 gram oyong segar hanya terkandung 18 kcal. Komponen terbanyak pada sayur oyong adalah air, sebanyak 94,5 g/100 g, vitamin A, vitamin B1, dan Vitamin C. Karena itu pada saat dimasak, teksturnya akan mengempes. Bunda dan keluarga akan merasakan manfaat dari sayur oyong yang bisa menurunkan demam, kadar gula darah dan mampu mencegah juga mengobati diabetes, mengobati cacingan, dan mengatasi radang usus.

4. Sayur Sop Kimlo
Sop kimlo adalah sop kuah bening yang isinya terdiri dari bahan-bahan utama seperti daging ayam kampung, hati ayam, bakso sapi, telur puyuh, kembang tahu, jamur kuping, dan Bunda bisa tambahkan yang lainnya sesuai selera.

Sayur sop yang satu ini memiliki kaya manfaat bagi kesehatan tubuh karena isinya yang komplit dengan daging dan sayuran yang mampu menjaga daya tahan tubuh jika Bunda dan keluarga mengonsumsi sayur sop kimlo ini.

Artikel Lainnya

Buat Opor Ayam Kampung Di Rumah, Yuk! Buat Opor Ayam Kampung Di Rumah, Yuk!

Buat Opor Ayam Kampung Di Rumah, Yuk!

Opor ayam kampung memang jadi menu andalan dan istimewa untuk dinikmati...

Lihat di Sini
Oh...Ternyata Ini Perbedaan Ayam Kampung dan Ayam Negeri Oh...Ternyata Ini Perbedaan Ayam Kampung dan Ayam Negeri

Oh...Ternyata Ini Perbedaan Ayam Kampung dan Ayam Negeri

Bunda masih saja bingung membedakan ayam kampung dan ayam negeri? Mungkin...

Lihat di Sini
Bumbu Penyedap Indofood Ayam Kampung Bumbu Penyedap Indofood Ayam Kampung

Bumbu Penyedap Indofood Ayam Kampung

Baru! Bumbu Penyedap Ayam Kampung Indofood, bumbu penyedap pertama yang...

Lihat di Sini
© Citarasaindonesia.co.id, All Rights Reserved.