share

3 Hidangan Santan Yang Tetap Aman Dikonsumsi Saat Puasa

3_hidangan_santan_yang_tetap_aman_dikonsumsi_saat_puasa_main.jpg

Banyak yang takut mengonsumsi makanan bersantan saat puasa karena takut cepat haus hingga pencernaan dan perut menjadi tak sehat. Padahal tidak semua hidangan bersantan itu tidak baik buat kesehatan saat berpuasa. Bunda tak perlu bingung harus memasak menu santan apa yang baik untuk dikonsumsi. Berikut 3 hidangan bersantan yang masih bisa Bunda konsumsi dan aman bagi kesehatan Bunda saat berpuasa:


1. Kolak

Makanan bersantan ini sangat populer di bulan puasa dan selalu disebut sebagai Takjil. Salah satunya kolak pisang, kolak pisang bisa menjadi pilihan yang sangat tepat untuk dijadikan sebagai makanan pembuka saat berbuka puasa, karena rasanya yang manis, dan cukup untuk mengganjal perut yang seharian tidak mendapat asupan makanan. Dengan bahan dasar buah pisang, Bunda pasti sudah tahu kalau buah-buahan baik untuk tubuh. Pisang memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk pencernaan kita. Selain itu, pisang juga mengandung kalium, mineral, karbohidrat, protein, serta kalsium. Bukan hanya itu, pisang juga dapat meningkatkan konsentrasi karena kandungan kalsiumnya, bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat, dan mengurangi kadar minyak di wajah.

Agar Bunda mendapatkan manfaat dari kolak pisang yang optimal, sebaiknya buatlah kolak dengan tambahan gula aren, bukan dengan gula pasir dan juga dimasak bersama dengan daun pandan, kenapa? Karena kolak pisang yang menggunakan tambahan gula aren ternyata memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk menetralkan asam lambung. Agar lebih nikmat, tambahkan juga kolang-kaling, ubi, dan singkong.


2. Bubur Sumsum

Menjelang buka puasa, banyak sekali yang menjajakan berbagai macam jenis bubur, namun, biasanya bubur sumsum tetap jadi pilihan para Bunda. Bubur yang bertekstur lembut dan terasa gurih ini terbuat dari tepung beras, santan, dan daun pandan. Biasanya disajikan dengan gula merah cair yang manis. Tapi tahukah Bunda kalau bubur bersantan ini ternyata banyak manfaatnya?

Banyak nutrisi yang bisa didapatkan dari tepung berasnya, yakni mineral, vitamin, dan serat yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan usus juga sistem pencernaan. Tepung beras yang mengandung karbohidrat juga bisa jadi pengganti nasi.

Santannya yang mengandung lemak jenuh, juga dapat menyembuhkan radang tenggorokan dan membantu meningkatkan energi, karena bersifat sebagai antibakteri juga antivirus. Ditambah lagi gula merahnya yang mengandung sejumlah vitamin seperti thiamin, niacin, riboflafin, vitamin C, dan asam folat juga mineral yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
3. Sayur Lodeh

Sayur Lodeh yang berkuah santan ini pun baik bagi Bunda dan keluarga dan sebaiknya dikonsumsi setelah pulang dari shalat tarawih atau dijadikan sebagai makan malam. Sayur Lodeh yang berbahan dasar santan dan campuran sayur-sayuran ternyata mengandung energi sebesar 240 kilo kalori, protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, dan zat besi. Selain itu di dalam Sayur Lodeh juga terkandung vitamin A sebanyak 1465 IU, vitamin B1, dan vitamin C.

Bagaimana Bunda, masih takut mengonsumsi hidangan bersantan saat berpuasa? Yuk, mulai masak hidangan santan yang sehat!

 

Artikel Lainnya

Buat Opor Ayam Kampung Di Rumah, Yuk! Buat Opor Ayam Kampung Di Rumah, Yuk!

Buat Opor Ayam Kampung Di Rumah, Yuk!

Opor ayam kampung memang jadi menu andalan dan istimewa untuk dinikmati...

Lihat di Sini
Oh...Ternyata Ini Perbedaan Ayam Kampung dan Ayam Negeri Oh...Ternyata Ini Perbedaan Ayam Kampung dan Ayam Negeri

Oh...Ternyata Ini Perbedaan Ayam Kampung dan Ayam Negeri

Bunda masih saja bingung membedakan ayam kampung dan ayam negeri? Mungkin...

Lihat di Sini
Bumbu Penyedap Indofood Ayam Kampung Bumbu Penyedap Indofood Ayam Kampung

Bumbu Penyedap Indofood Ayam Kampung

Baru! Bumbu Penyedap Ayam Kampung Indofood, bumbu penyedap pertama yang...

Lihat di Sini
© Citarasaindonesia.co.id, All Rights Reserved.