share

Tips Memotong Daging Kambing

artikel 2_main.jpg
Sudah berjam-jam memasak daging kambing tapi tidak empuk juga. Memasak daging kambing itu memang perlu teknik tersendiri dan Bunda juga harus benar-benar mengetahui cara mengolah daging kambing. Jika tidak, salah-salah membuat Bunda kewalahan sendiri. Karena perlu waktu lama untuk memasak daging agar menjadi empuk.

Sebelum memulai memasak daging kambing ada baiknya Bunda mengetahui cara mengolah daging kambing supaya empuk, salah satunya pada saat akan memotong daging kambing. Simak tips memotong daging kambing berikut ini: 

1. Buang serat daging sebelum dipotong
Serat memang membuat daging menjadi keras, tapi tak perlu dibuang semuanya, kata Chef Markus asal Norwegia selaku chef di Blooming Café, FX Lifestyle X’nter, Jakarta Selatan (sumber dari tim redaksi health yang bertemu dan mewawancarai narasumber-chef markus tersebut). Karena jika semuanya dibuang akan membuat daging kambing menjadi hancur.

Rasa khas daging kambingnya pun akan hilang jika semua serat dibuang.

2. Pastikan arah memotong daging sudah benar
Memotong daging ternyata ada tekniknya, menurut Budi Sutomo, S.pd, penulis buku Rahasia Sukses Membuat Masakan Praktis & Lezat untuk Pemula (Saat ini Budi menjadi Pemandu acara masak di DAAI TV). Memotong daging yang benar adalah melawan arah serat daging.

Jika memotong searah serat, daging akan menjadi liat, dan lama empuknya. Kecuali Bunda membuat dendeng, yang dipotong tipis, dan lebar juga harus searah dengan serat.

3. Pisahkan otot daging
Sebelum memotong daging, pisahkan setiap otot daging mengikuti selaput pembatas otot.

Menurut Meat & Livestock Australia, pada beberapa jenis daging terbentuk oleh lebih dari satu otot daging, misalnya terbentuk oleh 5 otot daging. Maka dari itu, sangat disarankan agar setiap otot dipisahkan dulu mengikuti selaput pembatas setiap otot, baru kemudian daging tersebut dipotong melintang mengikuti arah serat daging.

Dengan Bunda mengetahui cara membuat daging empuk, salah satunya dengan melakukan tips memotong daging kambing di atas, tentu akan membuat daging yang akan Bunda masak bisa jadi empuk dan nikmat disantap bersama keluarga.
 

Artikel Lainnya

Buat Opor Ayam Kampung Di Rumah, Yuk! Buat Opor Ayam Kampung Di Rumah, Yuk!

Buat Opor Ayam Kampung Di Rumah, Yuk!

Opor ayam kampung memang jadi menu andalan dan istimewa untuk dinikmati...

Lihat di Sini
Oh...Ternyata Ini Perbedaan Ayam Kampung dan Ayam Negeri Oh...Ternyata Ini Perbedaan Ayam Kampung dan Ayam Negeri

Oh...Ternyata Ini Perbedaan Ayam Kampung dan Ayam Negeri

Bunda masih saja bingung membedakan ayam kampung dan ayam negeri? Mungkin...

Lihat di Sini
Bumbu Penyedap Indofood Ayam Kampung Bumbu Penyedap Indofood Ayam Kampung

Bumbu Penyedap Indofood Ayam Kampung

Baru! Bumbu Penyedap Ayam Kampung Indofood, bumbu penyedap pertama yang...

Lihat di Sini
© Citarasaindonesia.co.id, All Rights Reserved.