share

Tak Ada Kata Sakit Saat Berpuasa, Lakukan 7 Trik Ini

tak_ada_kata_sakit_saat_berpuasa_lakukan_7_trik_ini_main.jpg

Selama menjalankan ibadah puasa, tubuh tidak akan mendapatkan asupan makanan maupun cairan sekitar 14 jam lamanya. Energi juga akan menurun seiring dengan aktivitas yang dijalani. Dengan kondisi tersebut apakah akan membuat tubuh menjadi sakit? Jawabannya tentu tidak. Puasa justru membuat badan kita lebih sehat. Ketika berpuasa, tubuh melakukan proses detoksifikasi untuk mengeluarkan zat-zat racun dalam tubuh yang terakumulasi dari dunia luar. Meski begitu, Bunda pun tetap harus memerhatikan kesehatan agar puasa berjalan lancar, caranya dengan melakukan trik berikut ini:

1. Check Up

Jika Bunda memiliki riwayat kesehatan tertentu seperti sakit maag, anemia, dan lain-lain, sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu. Hal ini untuk menghindari adanya keluhan yang terjadi saat sedang berpuasa.

2. Rencanakan Menu Buka dan Sahur

Beberapa makanan sumber karbohidrat kompleks bisa Bunda dapatkan dari nasi merah, oatmeal, roti gandum, ubi, jagung, atau singkong. Karena karbohidrat kompleks lebih lambat dipecah menjadi gula darah sehingga sangat membantu metabolisme energi tubuh. Jangan lupa konsumsi buah-buahan, sayuran, dan perbanyak minum air putih.

3. Hindari Terik Matahari Terik Matahari

adalah momok bagi orang yang berpuasa, terlalu lama berada di tempat panas akan membuat Bunda merasa kehausan. Batasi aktivitas fisik di luar ruangan dan beristirahatlah jika merasa sangat lelah dan lemas supaya kuat berpuasa.

4. Makan Secukupnya Saat Buka dan Sahur

Hindari berbuka puasa dengan makan berlebihan. Saat adzan berkumandang berbukalah dengan kurma dan air yang cukup untuk mengembalikan energi. Setelah salat maghrib, lanjutkan dengan menu utama berbuka yang lebih lengkap. Begitupun saat sahur dan perbanyaklah minum air putih untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

5. Hindari Minuman dan Makanan Tidak Sehat

Godaan selama ramadan bukan saja hawa dan nafsu, melainkan makanan dan minuman yang ditawarkan. Hindari jajanan yang tidak higienis atau tidak terjamin kebersihan dan kesehatan. Jika ada waktu luang tak ada salahnya membuat takjil sendiri.

6. Olahraga

Lakukan olahraga ringan di sore atau di malam hari. Misalnya dengan berjalan kaki selama beberapa menit atau lakukan fitness di gym. Hal ini baik untuk menjaga tubuh kamu tetap fit dan bugar.

7. Pola Tidur

Selain memerhatikan asupan makanan, pengaturan pola tidur juga merupakan hal yang penting. Mengantuk selama puasa bukanlah disebabkan karena tak makan dan minum seharian, melainkan karena tak memiliki waktu tidur yang cukup. Jika tidur malam tak cukup, luangkan waktu beberapa menit untuk power nap (tidur siang singkat) untuk memulihkan stamina Bunda. 

Artikel Lainnya

Buat Opor Ayam Kampung Di Rumah, Yuk! Buat Opor Ayam Kampung Di Rumah, Yuk!

Buat Opor Ayam Kampung Di Rumah, Yuk!

Opor ayam kampung memang jadi menu andalan dan istimewa untuk dinikmati...

Lihat di Sini
Oh...Ternyata Ini Perbedaan Ayam Kampung dan Ayam Negeri Oh...Ternyata Ini Perbedaan Ayam Kampung dan Ayam Negeri

Oh...Ternyata Ini Perbedaan Ayam Kampung dan Ayam Negeri

Bunda masih saja bingung membedakan ayam kampung dan ayam negeri? Mungkin...

Lihat di Sini
Yuk, Cari Tahu Kandungan Gizi Dalam Ayam Kampung Yuk, Cari Tahu Kandungan Gizi Dalam Ayam Kampung

Yuk, Cari Tahu Kandungan Gizi Dalam Ayam Kampung

Bunda dan keluarga penyuka makanan berbahan utama ayam? Banyak yang lebih...

Lihat di Sini
© Citarasaindonesia.co.id, All Rights Reserved.