share

Masak Daging Biar Empuk, Begini Caranya!

shutterstock_101880385_main.jpg
Bunda dan keluarga senang mengonsumsi makanan yang berbahan dasar dari daging sapi atau kambing? Berarti ini merupakan tantangan tersendiri bagi Bunda yang memasaknya. Pasalnya mengolah daging itu susah-susah gampang. Bunda bisa dibilang berhasil jika bisa membuat tekstur daging menjadi empuk saat dimakan. Sebelum memasak, sebaiknya daging diolah dulu dengan cara berikut agar empuk dikunyah dan nikmat disantap:

1. Berikan Garam
Potong daging menjadi beberapa bagian sesuai porsi atau yang ingin Bunda hidangkan. Kemudian taburkan garam laut (garam khusus dan bukan garam dapur yang bisa membuat daging menjadi asin) ke seluruh permukaan daging sebanyak, misalnya, daging 1kg taburkan 5gr garam lautnya.

Garam tersebut membantu menghancurkan ikatan protein yang ada di dalam daging sehingga daging akan terasa lebih empuk. Bunda bisa mudah mendapatkan garam laut tersebut di tempat atau yang menjual khusus bahan-bahan dapur dan masakan. Jika Bunda tidak menemukan garam laut coba dengan cara lain seperti membalurkan buah nanas pada daging bukan menggantinya dengan garam biasa.

2. Pipihkan daging
Memipihkan daging ialah trik yang paling sederhana agar daging menjadi empuk saat disantap. Hanya saja, trik ini bisa diterapkan pada beberapa menu masakan saja, seperti rendang, daging bumbu kuning atau sejenisnya.

Caranya sangat mudah. Sebelum dimasak, pukul daging dengan alat pemukul daging yang bergerigi hingga menjadi agak pipih. Setelah itu diamkan selama 1-2 jam barulah diolah dan dimasak dengan bumbu sesuai selera.

3. Haluskan buah nanas lalu balurkan pada daging
Buah nanas yang masih muda memiliki banyak kandungan enzim bromelin yang ampuh menguraikan serat daging dan membuat daging jadi empuk. Maka dari itu, jangan lupa untuk menyiapkan buah nanas yang masih muda kemudian dihaluskan (bisa diparut atau diblender) dan dibalurkan ke daging kemudian didiamkan selama 1 – 2 jam sebelum dimasak.

Dengan cara tersebut Bunda bisa memasak jenis daging apa saja dan setebal apa saja, dijamin akan menjadi empuk. Dan, yang paling penting, Bunda tidak perlu repot memasak tidak memakan waktu yang lama.

4. Bungkus daging dengan daun pepaya
Membalut daging dengan daun pepaya bertujuan agar bisa mendapatkan beberapa banyak manfaat dalam sekali kerja karena membungkus daging dengan daun pepaya akan menjadikan daging lebih cepat empuk saat dimasak, menghilangkan bau, dan cepat membuat bumbu jadi meresap cepat. Alangkah lebih baik bila sebelum dibalut dengan daun tersebut, daging diberi bumbu terlebih dahulu agar daging tidak terasa pahit dan perhatikan saat mencucinya dan jangan terlalu lama didiamkan.

Bumbu yang dipakai boleh disesuaikan dengan kebutuhan. Sebab, setelah dibungkus daun pepaya, daging harus dibiarkan terlebih dahulu lebih dari 45 menit. Lanjutkan dengan menyiapkan bahan-bahan atau bumbu lainnya selama menunggu proses daging menjadi lebih empuk sebelum dimasak.

Mudah bukan Bunda? Selamat mencoba ya!
 

Artikel Lainnya

Buat Opor Ayam Kampung Di Rumah, Yuk! Buat Opor Ayam Kampung Di Rumah, Yuk!

Buat Opor Ayam Kampung Di Rumah, Yuk!

Opor ayam kampung memang jadi menu andalan dan istimewa untuk dinikmati...

Lihat di Sini
Oh...Ternyata Ini Perbedaan Ayam Kampung dan Ayam Negeri Oh...Ternyata Ini Perbedaan Ayam Kampung dan Ayam Negeri

Oh...Ternyata Ini Perbedaan Ayam Kampung dan Ayam Negeri

Bunda masih saja bingung membedakan ayam kampung dan ayam negeri? Mungkin...

Lihat di Sini
Yuk, Cari Tahu Kandungan Gizi Dalam Ayam Kampung Yuk, Cari Tahu Kandungan Gizi Dalam Ayam Kampung

Yuk, Cari Tahu Kandungan Gizi Dalam Ayam Kampung

Bunda dan keluarga penyuka makanan berbahan utama ayam? Banyak yang lebih...

Lihat di Sini
© Citarasaindonesia.co.id, All Rights Reserved.