share

Jika Diolah dengan Benar Karedok dan Gado-Gado Itu Lebih Sehat dari Salad

shutterstock_387940231_main.jpg
Siapa yang tak mengenal menu makanan sehat yang satu ini, gado-gado dan karedok khas Indonesia. Sebagian Bunda menganggap ini makanan sehat paling nikmat karena menyantap sayuran dengan saus kacang.

Tahukah Bunda kalau ahli gizipun menyebut makanan ini memang lebih sehat dibandingkan salad atau makanan Eropa lainnya? Benarkah?

Biarpun sehat, Guru Besar Departemen gizi Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia IPB Prof. Dr. Ir. H. Hardinsyah, MS, mengatakan semua makanan harus tergantung dari tiga hal, yakni bahan, komposisi dan cara mengolah dan makannya.

"Semua dikatakan sehat apabila memenuhi ketiga hal tersebut. Salad juga kalau dimakan dengan dressing thousand island misalnya, itu banyak lemaknya. Beda kalau dressingnya cuma satu sendok. Dressing itu kan dibuat dari kuning telur dan susu sehingga lemaknya banyak. Tentu akan jauh lebih sehat gado-gado atau karedok," ungkap Prof. Dr. Ir. H. Hardinsyah, MS.

Menurut Hardinsyah, karedok pun tidak memiliki kolesterol karena potongan sayurannya masih fresh. Ditambah lagi dengan saus kacang yang juga tidak ada kolesterolnya.

"Tapi jangan dibandingkan dengan salad yang ada di Prancis atau Middles East yang dressingnya cuma ditebar secukupnya. Mereka juga pakai olive oil (minyak zaitun). Artinya bahwa semua hal ini tergantung dari cara olahnya," jelas Hardinsyah.

Sebaiknya Bunda mengolah sayuran untuk gado-gado ataupun karedok pilih yang dibeli langsung dan diolah di hari yang sama jangan menggunakan sayuran yang lama di dalam kulkas, pilih yang segar dan terlihat tak layu, kemudian cuci bersih, dan rebus untuk menghilangkan residu pestisida yang ada pada sayuran.

Hardinsyah menambahkan, makanan Indonesia menjadi tidak baik dikonsumsi bila sayuran telah terpapar pestisida dan menggunakan banyak minyak saat diolah menjadi masakan. 

Menghilangkan residu pestisida pada sayuran memang tidak mudah. Tergantung jenis pestisida dan jenis sayuran yang terpapar pestisida.

Konsultan sebuah perkebunan di Bogor, Jawa Barat, YP Sudaryanto mengatakan, beberapa sayuran tertentu yang menggunakan pestisida kontak bisa dibersihkan dengan air bersih yang mengalir. Sayuran yang terpapar pestisida di bagian luarnya saja masih bisa dicuci untuk menghilangkan residunya.

Oleh karena itu Bunda harus tetap mengolah sayuran untuk karedok atau gado-gadi dengan benar. Pastikan untuk mencuci sayur di air mengalir dan merebusnya dengan baik untuk meminimalisir dampak buruk dari sayuran yang kemungkinan sempat terpapar pestisida.

Artikel Lainnya

Buat Opor Ayam Kampung Di Rumah, Yuk! Buat Opor Ayam Kampung Di Rumah, Yuk!

Buat Opor Ayam Kampung Di Rumah, Yuk!

Opor ayam kampung memang jadi menu andalan dan istimewa untuk dinikmati...

Lihat di Sini
Oh...Ternyata Ini Perbedaan Ayam Kampung dan Ayam Negeri Oh...Ternyata Ini Perbedaan Ayam Kampung dan Ayam Negeri

Oh...Ternyata Ini Perbedaan Ayam Kampung dan Ayam Negeri

Bunda masih saja bingung membedakan ayam kampung dan ayam negeri? Mungkin...

Lihat di Sini
Bumbu Penyedap Indofood Ayam Kampung Bumbu Penyedap Indofood Ayam Kampung

Bumbu Penyedap Indofood Ayam Kampung

Baru! Bumbu Penyedap Ayam Kampung Indofood, bumbu penyedap pertama yang...

Lihat di Sini
© Citarasaindonesia.co.id, All Rights Reserved.