share

5 Menu Andalan Khas Idul Adha dari Olahan Daging Sapi Sehat

artikel 3_Main.jpg
Idul Adha identik dengan segala hidangan berbau daging kambing dan sapi, tidak semua anggota keluarga menyukai daging kambing, itu tandanya Bunda harus menyiapkan juga hidangan khas Idul Adha untuk disantap bersama keluarga dari olahan daging sapi sehat. Bingung ingin memasak apa? Coba buat 5 menu andalan ini:

1. Tongseng
Kudapan ini sejenis gulai namun memakai bumbu rempah seperti jahe, cengkih, kayu manis, biji pala, daun jeruk, dan batang serai, saat mengolahnya. Biasanya tongseng memakai daging kambing, tapi kali ini Bunda bisa juga memasaknya dengan bahan dasar daging sapi.Dalam tongseng, selain daging juga ada sayuran seperti kubis, tomat, daun bawang, dan irisan kol sehingga membuat kudapan ini mengandung vitamin dan protein. Semakin nikmat lagi dengan tambahan emping dan bawang goreng.

2. Semur
Semur merupakan makanan khas betawi. Rasanya yang gurih layak menjadi salah satu sajian keluarga. Warnanya yang hitam pekat karena sentuhan kecap pada kuahnya menambah rasa yang kuat dan khas semur.

Membuat semur sebaiknya juga dengan campuran bumbu rempah-rempah agar cita rasa yang ditampilkan begitu istimewa. Lebih nikmat lagi disajikan juga dengan emping.

3. Rawon
Rawon adalah resep masakan khas Jawa Timur, yang berupa kudapan berkuah berwarna hitam karena menggunakan buah kluwak.
Baiknya Bunda memilih buah kluwek yang tidak berjamur. Kemudian kocok-kocok, bila terasa berat, dan koplok biasanya dagingnya bagus, dan hitam. Jika buah berwarna kelabu, atau berjamur berarti kluwek sudah kadaluarsa.

Kemudian masukkan bumbu-bumbu tumisan dari bawang merah, daun jeruk, serai, dan lengkuas. Sebagai pelengkap masukkan juga sayuran toge-toge kecil.
Untuk menyajikan rawon, biasanya daging dipotong-potong kecil, ditambah dengan kecambah, serta jeruk nipis yang semakin membuat kudapan menjadi ini menjadi semakin lezat.

4. Rendang
Rendang adalah masakan daging bercita rasa pedas yang menggunakan santan dan salah satu masakan khas Sumatera Barat dengan proses memasak yang membutuhkan waktu yang cukup lama.

Untuk cara memasak daging sapi dalam hidangan rendang ini, Bunda juga bisa mengolahnya menjadi rendang basah (dengan kuah) dan rendang kering (tanpa kuah dan diperlukan waktu lagi untuk mengeringkannya).

Menurut
citarasaindonesia.co.id, memasak rendang sampai kering merupakan langkah penting untuk memperpanjang umur rendang saat disimpan. Santan yang dimasak dalam waktu lama akan berubah menjadi minyak yang membuat rendang jadi makin sedap.
Mau membuatnya menjadi rendang basah ataupun rendang kering, Bunda tetap harus memperhatikan santan dengan memilih santan yang berkualitas ya!
Pada 2011, rendang dinobatkan sebagai hidangan peringkat pertama dalam daftar World ‘s 50 Most Delicious Food (50 Hidangan Terlezat Dunia) oleh CNN Internasional.

5. Sop Daging
Tak begitu menyukai daging kambing, ganti menu sop Bunda dengan daging sapi sehat. Kudapan ini sangat cocok disantap kala cuaca dingin, atau saat hujan. Selain daging sapi segar, dalam kudapan ini juga terdapat banyak sayuran seperti kubis, wortel, kacang buncis, tomat dan lainnya.

Meski kuah yang disajikan berwarna bening, tapi cita rasanya bisa menjadi begitu lezat jika Bunda tambahkan dan memasukkan tulang sumsum atau tetelan di dalam sop tersebut.
Cara memasak daging sapi agar daging menjadi semakin empuk dan wangi khas sop daging sapi, rebuslah dalam air sebanyak 2,5 liter hingga menjadi 1,8 liter. Air rebusan tadi jangan dibuang, karena mengandung kaldu yang akan menambah cita rasa sop ini.

Lengkapi sop ini dengan kerupuk atau emping, serta bawang goreng dan daun bawang bagi yang menyukainya. Hidangan sop daging ini siap disantap oleh Bunda dan keluarga.


Jadi, Bunda ada rencana mau memasak dan menghidangkan menu masakan apa nanti di hari raya Idul Adha?

Artikel Lainnya

Buat Opor Ayam Kampung Di Rumah, Yuk! Buat Opor Ayam Kampung Di Rumah, Yuk!

Buat Opor Ayam Kampung Di Rumah, Yuk!

Opor ayam kampung memang jadi menu andalan dan istimewa untuk dinikmati...

Lihat di Sini
Oh...Ternyata Ini Perbedaan Ayam Kampung dan Ayam Negeri Oh...Ternyata Ini Perbedaan Ayam Kampung dan Ayam Negeri

Oh...Ternyata Ini Perbedaan Ayam Kampung dan Ayam Negeri

Bunda masih saja bingung membedakan ayam kampung dan ayam negeri? Mungkin...

Lihat di Sini
Bumbu Penyedap Indofood Ayam Kampung Bumbu Penyedap Indofood Ayam Kampung

Bumbu Penyedap Indofood Ayam Kampung

Baru! Bumbu Penyedap Ayam Kampung Indofood, bumbu penyedap pertama yang...

Lihat di Sini
© Citarasaindonesia.co.id, All Rights Reserved.